Ultimate magazine theme for WordPress.

Sidang Isbat, Awal Ramadhan Jatuh Pada 3 April 2022

0 513

Jakarta – Faktakalsel.co.id – Pemerintah menetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriah Jatuh Pada Ahad (3/4/22) dalam sidang Isbat untuk menentukan 1 Ramadan 1443 H pada Jumat (1/4/22) sekitar jam 19.00 WIB.


Pelaksanaan sidang Isbat 2022 dilakukan secara luring dan daring di Auditorium HM. Rasjidi Kemenag, Jalan MH. Thamrin, Jakarta.


Kementerian Agama berdasarkan informasi yang terbaru dari sidang isbat bahwa hingga kini hilal masih belum terlihat dari 101 titik pemantauan hilal di 34 Provinsi Indonesia saat ini hilal masih terlihat tipis hingga sulit teramati oleh teleskop bahwa posisi hilal 1 Ramadan 1443 Hijriah belum terlihat.

Berdasarkan isbat awal puasa berdasarkan hasil sidang isbat jatuh pada hari Minggu, 3 April 2022.


dari situs Kementerian Agama, pelaksana sidang Isbat dilaksanakan pada 1 April 2022 atau pada malam 29 Syakban 1443 Hijriyah.


Pada sidang isbat kali ini, turut dihadiri oleh perwakilan ormas Islam, lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, MUI, dan Komisi VIII DPR RI.


Perbedaan penetapan awal puasa Ramadhan antara Muhammadiyah, NU dan pemerintah memang sering terjadi di tahun-tahun sebelumnya.


Penentuan awal puasa Ramadan dari hasil sidang isbat memang berbeda dengan metode yang dilakukan oleh Muhammadiyah.


Muhammadiyah menggunakan kriteria wujudul hilal, sementara sidang Kemenag RI menggunakan sistem imkan rukyat atau visibiltas hilal.

Sumber : live Straming Kemenag RI

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.