Ultimate magazine theme for WordPress.

Bazar Barter Sampah, Terobosan DLH Tanah Bumbu saat Puncak Mappanre Ri Tasi-E 2024

0 1,210

BATULICIN, faktakalsel.co.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu membuat terobosan menyulap sampah menjadi barang bernilai ekonomis. Wacananya SKPD ini bakal menyelenggarakan Bazar Barter Sampah saat momentum puncak pelaksanaan Mappanre Ri Tasi-E, 28 April 2024 mendatang

Kegiatan ini nantinya masih dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024 di lingkup Kabupaten Tanah Bumbu.

“Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan melaksanakan kegiatan bazar barter/tukar sampah anorganik bernilai ekonomis dengan aneka jenis sembako,” ungkap Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLH Tanah Bumbu, Indah Maya Suryanti, ST, Selasa (23/4/2024).

Dikatakan Indah, kegiatan ini disupport oleh Tim Bank Sampah Induk (BSI) BANG JULPIKAR’S UPTD Pengelolaan Sampah.

“Agenda ini sesuai dengan salah satu sasaran kegiatan BSI dengan akronim BANG JULPIKAR’S yaitu Sumbang, Jual, Pilah, dan Tukar Sampah,” terangnya.

Indah menyebutkan, selain seperti kegiatan Bank Sampah lainnya yang masih fokus pada aktifitas pemilahan lalu dijual ke pihak lain, BSI BANG JULPIKAR’S juga ingin hadir di tengah-tengah masyarakat.

“Yakni dengan bentuk kegiatan lainnya seputar dengan pengelolaan persampahan, sekaligus dalam rangka mendukung kemeriahan Pesta Pantai Mappanreritasi’e,” tuturnya .

Juga, sambungnya, dalam rangka agenda peringatan HUT Kabupaten Tanah Bumbu dengan menyisipkan pesan “Ramah Lingkungan.”

Ia menjelaskan, rencana lokasi kegiatan akan dilaksanakan di stand BSI BANG JULPIKAR’S di area Pesta Pantai Pagatan. “Pada tanggal 28 April 2024 di mulai dari pukul 10.00 Wita hingga selesai,” tambahnya.

Masyarakat diajak memanfaatkan program ini, bisa membawa sampah anorganik bernilai ekonomisnya seperti botol air mineral berbagai merk, kertas, kardus, kaleng dalam kondisi bersih ke stan BSI.

“Nantinya petugas akan menilai kondisi dan jumlah sampah tersebut yang akan dibarter dengan berbagai jenis sembako yang tersedia,” sambung Indah lagi.

Dikatakan Indah, selain kegiatan barter/tukar sampah, selama penyelanggaraan pameran expo, DLH juga melaksanakan kuis pertanyaan berhadiah langsung dan juga undian berhadiah utama televisi, sepeda, kipas angin, magic com dan hadiah menarik lainnya bagi siapapun yang menyetorkan kerajinan tangan dari bahan bekas bernilai manfaat ke stan DLH.

“Undian tersebut akan dilaksanakan di malam puncak Pesta Pantai di hari Sabtu tanggal 27 April 2024,” ungkapnya.

Disampaikan juga, agenda ini sebagai media publikasi ke masyarakat tentang adanya layanan BSI BANG JULPIKAR’S dan juga sekaligus sebagai media sosialisasi ke masyarakat.

“Bahwa upaya pemilahan sampah wajib dilakukan dari rumah tangga ataupun sumber lainnya seperti perkantoran, sekolah, unit usaha, dan lainnya,” imbuhnya.

Dia menegaskan, langkah ini sebagai edukasi ke semua pihak untuk mengingatkan betapa pentingnya melakukan pengurangan sampah ditengah makin meningkatnya volume timbulan sampah di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Pesan pentingnya jika kita bijak kelola sampah maka akan bisa menjadi sirkular ekonomi bagi para pelaku yang terlibat didalamnya,” tukasnya.

Kemudian ia menambahkan, pada akhirnya jika pola ini menjadi budaya, volume sampah yang masuk ke TPA akan berkurang. “Dan terwujud lingkungan Kabupaten Tanah Bumbu yang lebih bersih,” pungkasnya. [kim]

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.