Ultimate magazine theme for WordPress.

Tekan Inflasi, Pemprov Kalsel Gelar Gerakan Pangan Murah

0 1,221

BANJARBARU, faktakalsel.co.id – Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengadakan gerakan pangan murah di halaman Kantor Banjarbaru. Kegiatan ini bertujuan untuk pengendalian inflasi dan memberikan harga murah bagi masyarakat sekitar.

Menurut, Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Saptono, kegiatan ini dilakukan selama dua hari berturut-turut guna memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Kalsel dengan harga yang terjangkau.

“Kegiatan ini dilakukan untuk stabilisasi pangan dan memberikan harga murah bagi masyarakat,” kata Saptono mewakili Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kalsel, Syamsir Rahman, Jumat (4/10/2024).

Ia mengatakan Inflasi di Kalsel selama bulan September mengalami kenaikan sebesar 1,98 persen atau lebih tinggi dari inflasi nasional sebesar 1,4 persen.

“Oleh karena itu, gerakan pangan murah dijadikan salah satu upaya untuk mengendalikan inflasi di banua,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memperoleh pangan murah. Beberapa komoditas pangan seperti beras, minyak goreng, telur, gula, dan lain-lain dijual dengan harga di bawah pasar selama gerakan pangan murah ini berlangsung.

“Terlihat selama dua hari antusiasme masyarakat terhadap kegiatan ini cukup tinggi. Bahkan beras merek SPHP terjual sebanyak 200 karung selama gerakan pangan murah,” terangnya.

Di samping itu, gerakan pangan murah seperti ini juga dapat meningkatkan pendapatan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta para petani lokal.

“Beberapa komoditas holtikultura seperti sayuran, cabai, dan makanan olahan hasil para petani dan pelaku UMKM pun dipromosikan selama kegiatan ini,” kata Saptono

Sementara itu, Ketua Tiga Bidang Penguatan dan Ketahanan Keluarga Tim PKK Kalsel, Sukmawati menyampaikan TP PKK Kalsel turut mensukseskan kegiatan pangan murah dengan melakukan pendekatan secara langsung kepada masyarakat.

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.